Sabtu, 02 Maret 2013

Sekolah Alam Ar-Ridho

SEKOLAH ALAM AR-RIDHO

A.Tentang

SEKOLAH ini terlihat sederhana. Di depan bangunan sekolah, kita akan disambut dengan gapura sederhana bernuansa pedesaan. Nama sekolah yang tertera di gapura pun tak terlihat jika kita tidak mendekat sekitar 10 meter. Sekolah alam AR-RIDHO namanya.
SEKOLAH alam AR-RIDHO berdiri pada tahun 2000. Awalnya, sekolah ini merupakan Taman Kanak-kanak (TK) biasa. Namun, besarnya keinginan untuk mengembangkan kemampuan siswa-siswanya, membuat Nurul Hamdi beserta istrinya, Mia Inayati, membangun Sekolah Dasar (kelas 1 sampai dengan 6) dan Sekolah Menengah Pertama (kelas 1 sampai dengan 2) yang berbeda dari sekolah pada umumnya.
Terinspirasi Al-Qur’an, seperti ajaran mencermati, mempelajari, merenungi, dan memberdayakan alam sekitar, maka Nurul Hamdi menerjemahkan bahwa manusia harus akrab dengan alam.
“Para penemu itu akrab dengan alam, contohnya Albert Einstein, kalau apel tidak jatuh di atas kepalanya, ya dia tidak dapat ilmunya,” ujarnya ramah.
Menurut bapak yang menjadi dosen di POLINES ini, model belajar di lembaga pendidikan formal sekarang tidak natural lagi. ”Ketika ada di kelas, 90 % mahasiswa bukan pencipta sesuatu. Namun berposisi sebagai penghafal materi pelajaran yang baik. Mereka pandai melaksanakan perintah. Hanya beberapa gelintir mahasiswa yang mengerti inovasi-kreasi,” tambahnya. Ia berpendapat bahwa ciri khas manusia adalah berpikir dan berlogika. Ciri ini harus dilatih sejak awal. Jika tidak, maka manusia itu akan keluar dari fitrahnya sebagai manusia.
Ia juga menyatakan bahwa ada pengaruh pendidikan dasar yang tidak mengembangkan potensi manusia tetapi menggerakkan potensi manusia. ”Akibatnya, kita tidak berkembang,” tegasnya. Dia mencontohkan orang yang diajarkan untuk menghitung tetapi tidak pandai berlogika. Misalnya, rumus luas segi empat adalah sisi x sisi. Ketika diperintahkan menghafal, pasti dilakukan dengan baik. Namun, ketika di dalamnya diletakkan bangunan, mereka menjadi terbata-bata menjawab rumus luas bangunan yang baru.
Prinsip-prinsip itulah yang dite-rapkan Nurul Hamdi di Sekolah alam AR-RIDHO. Sekolah ini berusaha untuk mendidik generasi muda menjadi lebih handal dan memelihara siswa untuk menjadi manusia orisinil yang berpikir adalah hakikat manusia untuk bertemu dengan Tuhannya. Siswa belajar untuk dekat dengan penciptanya dan menghasilkan karya di sekolah ini.
Disinggung mengenai status lulusan Sekolah Alam AR-RIDHO, pria yang berjenggot ini berujar tidak ada masalah. ”Kita kan sekolah swasta, yang SD saja akreditasi A. Sedang yang SMP akreditasi belum diloloskan pemerintah. Tapi kita sudah ada izin formal atau izin operasionalnya. Jadi status lulusan disamakan.”
Model pembelajaran sekolah alam ini pun ternyata cukup unik. Hari aktif belajar dari Senin hingga Jumat. Siswa TK pulang pukul 11.00, siswa SD setelah Dzuhur, sedangkan Siswa SMP seusai Ashar. Setiap hari Sabtu untuk siswa SD dan hari Kamis untuk siswa SMP, ada kelas khusus. Kegiatan di kelas ini menyerupai kelas minat dan bakat. Setiap siswa diperbolehkan memilih bidang pelajaran yang disukainya. Ada bidang tata busana, memasak, fotografi, olah tanaman, teater, dan lain sebagainya.
Para siswa pun sangat menikmati proses pembelajaran di sini. Rahma, salah satu siswa SD kelas 3A mengatakan hari sekolah paling menyenangkan adalah hari Sabtu. ”Enaknya pas waktu meluncur itu lho, waktu meluncur ke bawah,” ujarnya dengan malu-malu saat menceritakan pengalamannya ber-flying fox.
Pada dasarnya anak-anak seusia mereka memang suka bermain bersama teman sebayanya. Sekolah ini tidak menghilangkan kultur itu. Selain itu, Nurul Hamdi, menerapkan prinsip bahwa, 50 % waktu sekolah dihabiskan di lapangan. Inilah yang unik dari sekolah alam ini.
Penerapan model belajar di luar sekolah ini salah satunya dengan merawat kebun. Kegiatan ini dimulai dengan menanam tanaman. Siswa lah yang menyiapkan segalanya. Mulai dari alat, benih, dan sebagainya. Kemudian, mereka menyepakati jenis tanaman yang akan ditanam. Di sini siswa berlatih memakai logika dan melakukan aktivitas berpikir. Terakhir, mereka melakukan diskusi dengan teman tentang bagaimana tanaman akan ditanam dan diperlakukan.
Setelah beberapa hari, siswa harus menulis laporan (collecting data) dari kegiatan yang mereka lakukan. Tidak ada satu ukuran baku yang harus dipatuhi. Siswa melakukan semua kegiatan berdasarkan cara mereka masing-masing. Misalnya, cara mengukur tanaman. Karena sebelumnya tidak dijelaskan tentang cara mengukur menggunakan penggaris misalnya, ada siswa yang mengukur nya dengan menggunakan benang.
Aktivitas seperti ini secara tidak sadar merupakan mata pelajaran praktek bagi siswa. Diskusi seba-gai praktek belajar Bahasa Indonesia, menulis laporan sebagai latihan menulis, dan menghitung pertumbuhan tanaman sebagai cara menyenangkan belajar matematika. Jadi, kebun itu merupakan sarana penghantar pelajaran, seolah-olah siswa adalah penemu cilik.
Sekolah ini memang membudayakan siswanya menjadi seorang ilmuwan. Jika ada bakat tersembunyi pada siswa, pasti segera terlihat. Nurul Hamdi mencontohkan satu peristiwa. Dulu pernah ada siswa yang menceritakan tanamannya yang patah dalam buku laporannya. Dalam buku laporan, siswa itu menuliskan rasa sesalnya karena ketidaktekunannya merawat tanaman, dan siswa itu berjanji untuk tidak me-ngulanginya. Peristiwa ini merupakan pertanda bahwa siswa ini memiliki bakat dan minat ke arah sastra.
Sekolah alam yang beralamat di Jalan Kelapa Sawit 1 blok A4 ini ternyata juga mempunyai segudang prestasi. Piala untuk juara menulis resensi tingkat Jawa Tengah ada di ruang tamu kepala sekolah. Sebagai Kepala Sekolah di sekolah ini, Nurul Hamdi cukup bangga akan hal ini.
”Kalau lombanya mengasah kreativitas anak pasti kita ikut berpartisipasi. Lomba jenis Cerdas Cermat tidak kami ikuti, karena itu bukan bidang kami, sifatnya hafalan. Kita juga pernah menang lomba gambar. Yang menang juga anak sekolah ini. Gambarnya memiliki makna yang cukup dalam. Siswa itu menggambar sebuah pulau yang dihuni anak kecil dan ayahnya. Saat disuruh menjelaskan gambar, siswa itu berceritanya ayah dan anak sedang melakukan penelitian di pulau. Mereka mendarat menggunakan helikopter,” terang Nurul Hamdi. ”Sungguh jarang terpikirkan oleh anak-anak seusia mereka,” tambahnya.
Jumlah keseluruhan guru di sekolah ini ada tiga puluh lima orang. Sepuluh orang mengajar di kelas taman kanak-kanak, delapan belas orang di sekolah dasar, dan tujuh orang berada di kelas sekolah menengah pertama. Mia Inayati, istri Nurul Hamdi sekaligus direktur sekolah alam ini optimis sekolahnya akan berkembang lebih baik. Bahkan ia menyatakan guru-guru mulai kewalahan menghadapi siswa yang bertambah banyak tiap tahunnya.
Sebenarnya banyak sekali cara seseorang untuk mendapatkan ilmu. Tak hanya dari sekolah formal yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar. Rumah dan keluarga adalah tempat paling potensial manusia mendapatkan ilmu. Tentu saja tergantung dari niat individu tersebut untuk mendapatkan ilmu. Yang terpenting adalah kreativitas manusia harus dikembangkan, karena setiap manusia memilki bakat tersembunyi yang tak dapat diduga kehebatannya.
(Tersedia Asrama)

B. PSB Sekolah Alam Ar-Ridho (TAHUN AJARAN 2013/2014)

GELOMBANG I
7/1/ 2013-1/3/2013
PENGAMBILAN FORMULIR PENDAFTARAN
2/3/2013
WAWANCARA CALON WALI MURID*
4-6/3/2013
SIT IN*
8/3/2013
PENGUMUMAN PENERIMAAN SISWA BARU TAHAP I
8-15/3/2013
MELUNASI BIAYA OPRASIONAL SEKOLAH DAN 60% UANG GEDUNG DAN MELENGKAPI SELURUH BERKAS PENDAFTARAN
8-15/3/2013
PENGUKURAN SERAGAM
8-15/4/2013
MELUNASI SISA UANG GEDUNG
18/4/2013
PENGUMUMAN PENERIMAAN SISWA BARU TAHAP II(AKHIR)
22-26/4/2013
PENGAMBILAN SERAGAM
GELOMBANG II
4/3/ 2013-31/4/2013
PENGAMBILAN FORMULIR PENDAFTARAN
1/4/2013
WAWANCARA CALON WALI MURID*
8-10/4/2013
SIT IN**
15/4/2013
PENGUMUMAN PENERIMAAN SISWA BARU TAHAP I
15-19/4/2013
MELUNASI BIAYA OPRASIONAL SEKOLAH DAN 60% UANG GEDUNG DAN MELENGKAPI SELURUH BERKAS PENDAFTARAN
15-19/4/2013
PENGUKURAN SERAGAM
15-19/5/2013
MELUNASI SISA UANG GEDUNG
22/5/2013
PENGUMUMAN PENERIMAAN SISWA BARU TAHAP II(AKHIR)
22-26/5/2013
PENGAMBILAN SERAGAM
Minggu,14/7/2013
Pertemuan orang tua murid baru

PG/TK : Pukul 08.00-10.00
SD        : Pukul 10.00-12.00
SMP     : Pukul 13.00-15.00

Tempat :PG/TK di kelasTK B,SD di kelas 5,SMP di kelas 7
*Untuk wawancara orangtua calon siswa SMP,siswa yang bersangkutan dibawa serta
**Sit in hanya diperuntukan bagi siswa PG/TK dan SD saja

BIAYA  OPRASIONAL*
PG/TK
SD
SMP
SPP
250.000
400.000
425.000
SERAGAM
225.000
450.000
650.000
PERPUSTAKAAN
150.000
150.000
150.000
KESEHATAN
50.000
50.000
50.000
PENDAFTARAN
100.000
100.000
100.000
BIAYA SIT IN
100.000
100.000
TOTAL
875.000
1.250.000
1.375.000
UANG GEDUNG**
GELOMBANG
WAKTU
PG/TK
SD
SMP
I
7/1/13-1/2/13
3.000.000
6.000.000
7.000.000
II
4/3/13-15/4/13
3.500.000
7.000.000
8.000.000
Keterangan:
*Biaya Oprasional dibayarkan lunas pada pembayaran pertama
**Pembayaran uang gedung dapat dicicil maksimal 2 kali,pembayaran ke I (pertama) dibayar 60%,pembayaran ke II dibayar 40%.
Jika terjadi pengunduran diri karena satu dan lain hal,maka uang yang sudah dibayarkan tidak dapat diambil kembali
· Discon 10 %  Uang Gedung  bagi alumni Sekolah Alam ArRidho(hanya berlaku digelombang I)
· Discon 10 % dari seluruh total Uang Gedung bagi yang mendaftar lebih dari 1 orang
· Bebas Uang Gedung untuk siswa dari PG Sekolah Alam ArRidho ke TK Sekolah Alam ArRidho
Semua Data bisa dikirim lewat Email atau pos ke alamat sekolah sebagai berikut:
Sekolah Alam Ar Ridho
Jl.Bukit Kelapa Sawit Blok AA,Bukit Kencana Jaya,Semarang
Telp. 024-76484001
Untuk Formulir pendaftaran dapat didownload di sini
C. Lokasi Sekolah
  • Perumahan Bukit Kencana Jaya, Semarang

    Alamat :
    Jl. Kelapa Sawit I Blok AA
    Bukit Kencana Jaya Meteseh
    Tembalang Semarang 50271
    Telp. 024-76484001
Rute Angkutan Umum :
  1. Dari arah Kendal
    Terminal Mangkang, naik bus jurusan Mangkang - Bukit Kencana --> turun di depan sekolah
  2. Dari arah Demak/Kudus
    - Terminal Terboyo, naik bus jurusan Banyumanik turun di Ngesrep (patung kuda Diponegoro), --> sambung bus jurusan Mangkang - Bukit Kencana --> turun di depan sekolah
    - dari Genuk, naik bus jurusan PRPP, turun di Salak --> naik angkot Penggaron - Bukit Kencana, --> turun di depan sekolah
  3. Dari arah Mranggen/Purwodadi
    Terminal Penggaron, naik angkot jurusan Penggaron - Bukit Kencana, --> turun di depan sekolah
  4. Dari arah Ungaran/Jogja/Solo
    Terminal Banyumanik, naik bus apa saja jurusan kota (tidak masuk tol), turun di Ngesrep, --> sambung bus jurusan Mangkang - Bukit Kencana --> turun di depan sekolah.

D. Foto

¬¬Depan

SD

¬Taman Bermain

SMP

¬Kolam
¬Kelas

¬Wawancara


E. Guru di Sekolah Alam Ar-Ridho (Ta 2012/2013)

TK
Daftar Guru TK :
Kepala Sekolah
Wahyu Widowati, S.Si
Komite Sekolah
Nur Sholikah, A.Md
Wakasek Bidang Kesiswaan
Iraningrum, SS
Wakasek Bidang Administrasi
Tenny Rokhimah, SE
Guru Kelas
Playgroup
  • Wahyu Widowati, S.Si & Tenny Rokhimah, SE
TK A1
  • Iraningrum, SS  & Suratiyah, S.Pd
TK A2
  • Silviani Hanum, S.Psi & Bella Bakti Septiarani, S.Pd.I
TK B1
  • Ngatmini & Anik Puspowati, A.Md
TK B2
  • Hesti Risymar'ati, S.Pd  & Titin Supriyanti, S.Si
SD
Kepala Sekolah
Priyotomo, ST
Wakil Kepala Sekolah
Isti Muyasaroh, S.Si
Bendahara BOS
Eni Supriyanti
Guru Kelas I
  • 1 A : Prastiwi Y.D, S.Si & Atik Widiyanti, S.Pd
  • 1 B : Wardatun Nikmah, S.Pd.I & Isti Muyasaroh, S.Si
  • 1 C : Santi Muliawati, A.Md
Guru Kelas II
  • 2 A : Hardipo Andrianto, S.T & Yusni Marlina, S.Si
  • 2 B : Tasropi, S.Kel & Winky Winangsih, A.Md
  • 2 C : Priyotomo, ST & Rina Idayani, S.Pd
Guru Kelas III
  • 3 A : Ika UmmuChafidhah, S.Km & Doni Riadi
  • 3 B : Syai'un Alim, A.Md & Nur Aeni, S.Pd
  • 3 C : Kamizar, S.Pd
Guru Kelas IV
  • 4 A : Muji Rahayu, S.Pt
  • 4 B : Tri Windarti, S.Psi
  • 4 C : Dwi Hartini, SKM
Guru Kelas V
  • 5 A : Susanti Berty P, A.Md
  • 5 B : Ana Rohana, S.Si
  • 5 C : Endra Sattrahing J K, S.T
Guru Kelas VI
  • 6 A : Atilah, S.Kel
  • 6 B : Widiyawati, SST
  • 6 B : Arif Rakhmawati, S.Si
Guru Mapel Fiqh
  • Rusmanto, S.Pd &
  • Fatkhussa'adah, S.Pd.I
Guru Qiroaty
  • Fatkhussa'adah, S.Pd.I
  • Eni Supriyanti
  • Sriyem
  • Siti Chalimah
  • Musyarofah
  • Muhamad Zamroni, S.Pd.I
  • Rusmanto, S.Pd
  • Shofi Sumari
SMP

Kepala Sekolah
Susanti, S.Si
Wakil Kepala Sekolah
Slamet Agus, A.Md

Wali Kelas 9
Andy Dwi Sakti, ST
Wali Kelas 8
Slamet Agus, A.Md
Wali Kelas 7
Salamah Mujahidah, S.Si
Guru Mapel Matematika
Andy Dwi Sakti, ST
Guru Mapel IPS
Muhamad Zamroni, S.Pd.I
Guru Mapel Biologi
Salamah Mujahidah, S.Si
Guru Mapel Fisika
Slamet Agus, A.Md
Guru Mapel Bhs. Inggris
Wahyu Soleh Riyadi, S.Pd
Guru Mapel Bhs. Indonesia
Susanti, S.Si
Guru Mapel TIK
Salamah Mujahidah, S.Si
Guru Mapel PKn
Andy Dwi Sakti, ST
Guru Mapel Bhs. Jawa
Salamah Mujahidah, S.Si
Guru Mapel Bhs. Arab
Muhamad Zamroni, S.Pd.I
Guru Mapel PAI
Rusmanto, S.Pd
Guru Mapel Fiqh
Shofi Sumari
Guru Kerajinan dan Ketrampilan
Pujiono
Mentor Bisnis
Ibadurrahman
Slamet Agus, A.Md
Andy Dwi Sakti, ST
M. Arifin
Salamah Mujahidah, S.Si
Guru Qiroaty
Slamet Agus, A.Md
Salamah Mujahidah, S.Si
Susanti, S.Si
Muhamad Zamroni, S.Pd.I
Rusmanto, S.Pd
Shofi Sumari
Guru Olahraga
M. Arifin
Guru Bantu
Chairunnisa Nur Aulia Fajar
Puji Hastuti


Sumber: Google
Animasi By: Adila Huwaida


1 komentar:

  1. Why Vegas Slots Are Better Than Jackpots in 2021 - Dr
    Vegas 이천 출장샵 Slots Logo. 충주 출장마사지 The name 강원도 출장샵 says it all. 의왕 출장마사지 Slots Logo. Jackpot City Slots Logo. Jackpot City Slots Logo. Online Slots 아산 출장안마 Logo. Jackpot City

    BalasHapus